×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google

0

Wow

9 Pertanyaan wawancara kerja di perusahaan Google

Banyak pertanyaan sederhana yang menjebak.

Dwiyana Pangesthi

(brl/red)

13 / 08 / 2019

Brilio.net - Siapa sih yang nggak ingin kerja di perusahaan besar dan punya reputasi baik di bidangnya. Selain menginginkan gaji yang besar, pastinya kamu juga bakal mendapatkan pengalaman yang luar biasa. Bekerja sama dengan orang-orang hebat. Tak dipungkiri kini semakin banyak perusahaan besar di dunia mencari karyawan-karyawan yang benar-benar memiliki kemampuan mumpuni dan mampu bersaing.

Pastinya dengan tawaran kerja di perusahaan besar akan sebanding dengan fasilitas-fasilitas yang diberikan oleh perusahaan. Salah satunya perusahaan Google yang merupakan salah satu perusahaan terbaik dunia. Perusahaan berbasis di Montain View, California, Amerika Serikat ini diketahui memberikan banyak fasilitas bagi karyawannya.

Para karyawan Google dapat menikmati kafetaria gratis, ruang pijat gratis, pemeriksaan kesehatan gratis, berenang di kolam perusahaan dan masih banyak lainnya. Sangat menggiurkan ya? Dengan fasilitas yang diberikan tentunya perusahaan Google mencari karyawan terbaik dari semua pelamar. Google dikenal memiliki proses wawancara yang sangat ketat serta memberikan pertanyaan sulit dan cerdas sehingga para pelamarnya harus berpikir di luar kebiasaan.

Pertanyaan-pertanyaan yang diberikan saat wawancara tujuannya untuk menguji bagaimana para calon karyawan bertindak di bawah tekanan. Banyak juga pertanyaaan yang tidak memiliki jawaban pasti, namun sebenarnya pewawancara sedang melihat proses pemecahan masalah dan proses berpikir dari calon karyawan.

Bagi sebagian pencari kerja khususnya para fresh graduate, proses wawancara ini sedikit menakutkan. Nggak percaya diri, gugup, dan keringat dingin dirasakan pelamar kerja pada proses ini. Namun, sebenarnya kamu bisa mempersiapkan jawaban-jawaban terbaik untuk menjawab pertanyaan para interviewer itu.

Kalau kamu berminat bekerja di perusahaan Google, bisa nih menyimak rangkuman pertanyaan wawancaranya. Berikut deretan pertanyaan kerja di perusahaan Google yang brilio.net rangkum dari berbagai sumber, Selasa (13/8).

1. Bagaimana kamu membuat rencana evakuasi untuk sebuah kota?

foto: pixabay

Tujuan dari pertanyaan tersebut untuk melihat pola pemikiran dan mengetahui pendekatan dalam proses pemecahan masalah dari calon karyawan. Jawaban terbaik untuk pertanyaan ini adalah pertama-tama menanyakan tentang jenis bencana yang kamu rencanakan.

2. Memastikan teman memiliki nomor kamu yang benar.

foto: unsplash

Kamu dituntut untuk memastikan bahwa teman memiliki nomor teleponmu dengan benar. Namun, dirimu tidak diperbolehkan menemuinya secara langsung. Dengan demikian, perlu adanya pihak ketiga dalam membantu memberikan informasi.

Kamu dituntut untuk menuliskan nomormu di selembar kertas agar diberikan ke teman. Apa yang harus kamu tulis di kertas untuk memastikan bahwa teman kamu mendapatkan pesan yang kamu maksud namun pihak ketiga tidak dapat mengetahui nomor telepon kamu?

Jawaban sederhana adalah meminta teman untuk meneleponmu. Jika dia menelepon nomor dengan tepat, maka panggilan masuk akan ke nomormu. Tapi jika dia tidak ada panggilan masuk, maka itu berarti dia tidak memiliki nomormu yang benar. Jika kamu ingin memberikan jawaban yang lainnya, kamu dapat meminta temanmu untuk menuliskan jumlah semua digit yang membentuk nomor teleponmu.

Jika teman kamu tidak memiliki nomor yang benar, jawabannya tidak akan sama dengan jumlah semua digit nomor kamu. Selain itu, karena temanmu hanya akan menuliskan jumlahnya, mustahil bagi pihak ketiga untuk mengetahui nomor kamu.

3. Berapa banyak uang yang dihasilkan Google dari iklan Gmail setiap hari?

foto: unsplash

Kamu bisa mencoba menjawabnya dengan menyatakan jumlah iklan yang Google tempatkan di setiap email Google yang dibuka. Kemudian kamu bisa memperkirakan jumlah rata-rata yang dibayarkan untuk setiap iklan yang diklik. Dari sini kamu pun bisa menghitung jumlah uang yang dihasilkan Google setiap hari dari Google Mail. Jumlah tersebut kemudian dikalikan dengan jumlah pengguna Gmail dan rata-rata jumlah email yang diterima setiap pengguna. Uang yang dihasilkan Google Mail dapat diambil dari setiap hari iklan yang diklik oleh penggunanya.

4. Berapakah sudut antara jarum menit dan jarum jam pada pukul 03.15?

foto: pixabay

Kebanyakan orang pasti cenderung akan mengatakan sudutnya nol. Bukan tanpa alasan, banyak orang beranggapan kedua jarumnya berada pada angka yang sama, yakni 3. Namun, kamu harus ingat bahwa jarum jam berangsur bergerak ke nomor berikutnya seiring berjalannya waktu. Oleh karena itu, sementara jarum menit akan menuju angka 3, jarum jam akan menjadi seperempat jalan antara pukul 3 dan 4.

Karena ada 60 menit dalam satu putaran jarum menit, kita bisa mengatakan setiap menit sama dengan 6 derajat. Oleh karena itu, sudut antara dua angka pada jam adalah 30 derajat. Karena jarum jam seperempat berada di antara 3 dan 4, sedangkan jarum menit di 3, sudut di antara mereka akan seperempat dari 30 derajat, yaitu 7,4 derajat.

5. Apa yang akan kita makan malam ini?

foto: pixabay

Pertanyaan 'apa yang akan kita makan malam ini?' memiliki tujuan untuk menguji seseorang dalam menjadi pemimpin. Karena itu kamu harus memberikan jawaban yang pasti, misalnya memberikan jawaban makan bakso, dari pada sekadar memberikan jawaban dan mengatakan, "tergantung kamu suka makan apa?" atau "apa yang sedang kamu inginkan?".

6. Apakah IQ-mu lebih dari 130?

foto: pixabay

Pertanyaan ini merupakan pertanyaan yang sangat menjebak karena dapat menilai kerendahan hati dan intelektual seseorang dalam menilai diri sendiri. Sebaiknya hindari menjawab pertanyaan ini dengan kata ya. Pasalnya, orang yang mengingat skor IQ cenderung memiliki kepribadian yang sombong.

7. Berapa bulan yang memiliki 28 hari?

foto: pixabay

Untuk pertanyaan ini ada bulan dengan 30 hari dan lainnya dengan 31 hari. Berapa bulan yang memiliki 28 hari? Ini merupakan pertanyaan jebakan. Kamu pastinya akan refleks dengan memberikan jawaban, satu bulan yaitu Februari. Padahal kalau kita pikir ulang semua bulan memiliki 28 hari atau lebih. Menjebak ya?

8. Jika kamu ingin membawa anjing ke kantor tapi teman kamu alergi, apa yang kamu lakukan?

foto: unsplash

Tujuan dari pertanyaan ini untuk menilai bagaimana kamu menghadapi situasi yang berpotensi konflik antara kamu dengan rekan kerja. Jawaban yang bagus adalah dengan meninggalkan anjing di rumah atau kamu meminta untuk bekerja dari jarak jauh atau di rumah.

9. Ada berapa cara untuk menemukan jarum di tumpukan jerami?

foto: pixabay

Tujuan dari pertanyaan ini adalah untuk menguji calon karyawan menjadi lebih kreatif dan berpikir di luar kebiasaan. Kamu bisa menjawab pertanyaan ini sebanyak ide yang ada di pikiran. Kamu bisa memilih menggunakan alat detektor logam, atau mungkin membakar tumpukan jerami pada suhu yang tak terlalu tinggi dan membuat jerami menjadi abu. Pelamar juga bisa memutuskan untuk memeriksa setiap jerami yang ada. Meskipun itu dengan susah payah bahkan membutuhkan waktu yang cukup lama dalam menemukan jarum jam.



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE