×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google

0

Selebritis

7 Seleb ini kena kasus hukum usai berpolitik, ada Mandala Shoji

Mulai dari korupsi, penyebaran hoax, hingga pelanggaran kampanye

Yusuf Harfi

(brl/gib)

10 / 08 / 2019

Brilio.net - Beberapa tahun terakhir, seleb yang terjun ke dunia politik menjadi tren, terlebih saat Pemilu 2019 lalu. Jalan yang mereka pilih pun bermacam-macam, mulai dari mencalonkan diri sebagai calon anggota legislatif hingga menjadi kepala pemerintahan.

Namun di balik fenomena tersebut, ternyata tak sedikit pula para seleb yang justru terjerat kasus hukum usai memutuskan terjun ke dunia politik. Kasus yang mereka alami pun beragam, mulai dari korupsi, penyebaran hoax, hingga pelanggaran kampanye. Mau tak mau, mereka harus menjalani proses persidangan hingga menerima vonis hukuman.

Siapa saja? Berikut 7 seleb yang terkena kasus hukum usai memutuskan terjun ke dunia politik, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber, Sabtu (10/8).


1. Mandala Shoji.

foto: liputan6.com


Baru-baru ini, aktor dan presenter Mandala Shoji dikabarkan bebas dari penjara. Sebelumnya, ia divonis hukuman tiga bulan dan denda Rp 5 juta atas kasus pelanggaran Pemilu.

Seperti diketahui, ia terjun ke dunia politik dengan menjadi calon anggota legislatif pada Pemilu 2019 lalu. Ia terbukti melakukan pelangaran aturan kampanye berupa pembagian kupon umroh.


2. Ahmad Dhani.

foto: Instagram/@ahmaddhaniprast


Belakangan ini, musisi Ahmad Dhani justru lebih sibuk di dunia politik. Gara-gara terjerat kasus ujaran kebencian, ia divonis satu tahun penjara pada Juli lalu.

Ahmad Dhani dilaporkan oleh sejumlah orang yang tergabung dalam Koalisi Bela NKRI. Mereka melaporkan pentolan grup band Dewa 19 itu ke polisi, lantaran mengunggah vlog mengandung umpatan idiot.


3. Zumi Zola.

foto: Instagram/@zumizola_corner


Aktor yang juga model Zumi Zola memutuskan terjun ke dunia politik pada 2010. Karier politiknya dimulai sebagai Bupati Tanjung Jabung Timur, Jambi perioder 2011-2016.  Karier politiknya semakin tinggi usai menjadi Gubernur Jambi pada tahun 2015.

Namun, pada Februari 2018, Zumi Zola ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan suap RAPBD Provinsi Jambi tahun 2018. Ia pun dipecat dari keanggotaan partai politik dan statusnya sebagai Gubernur Jambi dinonaktifkan.


4. Ratna Sarumpaet.

foto: liputan6.com


Sosok Ratna Sarumpaet awalnya populer sebagai aktris pada tahun 1970-an. Namun, beberapa tahun belakangan ia sering terlibat dalam kegiatan politik. Pada Pilpres 2019 lalu, Ratna menjadi simpatisan pasangan capres Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno.

Oktober 2018, Ratna terjerat kasus hukum dengan dugaan penyebaran hoax. Ia berbohong bahwa dirinya menjadi korban penganiayaan. Pada Juli 2019, pengadilan menjatuhkan vonis berupa dua tahun hukuman penjara bagi ibunda Atiqah Hasiholan tersebut.


5. Farhat Abbas.

foto: Instagram/@farhatabbadofficial


Suami dari Nia Daniati yang juga seorang pengacara, Farhat Abbas terjun ke dunia politik dengan menjadi juru kampanye pemenangan Jokowi-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019. Ia sempat melemparkan pernyataan kontroversial yang menyebut kalau memilih Jokowi akan masuk surga. Gara-gara pernyataan itu, Farhat Abbas sempat dilaporkan pihak kepolisian.


6. Angelina Sondakh.

foto: liputan6.com


Angelina Sondakh merupakan satu dari sederet artis yang terkena kasus korupsi usai terjun di dunia politik. Wanita kelahiran Australia yang kerap disapa Angie ini terjerat kasus suap pembahasan anggaran proyek Wisma Atlet Palembang. Pada November 2013, Angie divonis hukuman 12 tahun penjara dan denda Rp 500 juta.


7. Herman Felani.

foto: merdeka.com


Aktor yang populer era 1980-an, Herman Fellani juga terjun ke dunia politik dengan ikut Pilkada Sulawesi Tengah pada 2011. Namun, ia malah tersangkut kasus korupsi terkait proyek pengadaan di lingkungan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Ia divonis hukuman penjara selama empat tahun dan sejumlah denda.

 

 

 

 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED BY EDITOR

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE