×

Hello There

Sign In to Brilio

Welcome to our Community Page, a place where you can create and share your content with rest of the world

  Connect with Facebook   Connect with Google

0

Kesehatan

7 Cara menghilangkan komedo dengan garam, praktis dan ampuh

Lakukan cara-cara simpel ini satu-dua minggu dan tunggu hasilnya

Nur Luthfiana Hardian

(brl/gib)

08 / 10 / 2019

Brilio.net - Wajah cerah dan berseri adalah dambaan setiap orang. Maka tak ayal merawat kulit seakan jadi rutinitas wajib. Bahkan tak sedikit orang rela merogoh saku lebih dalam untuk bisa perawatan di salon.

Tapi sayangnya masih ada saja masalah wajah yang masih datang melanda. Wajah kering, kusam, berjerawat dan komedo membandel misalnya. Komedo adalah salah satu bentuk masalah kulit yang paling umum terjadi. Siapapun bisa mengalami komedo, namun biasanya kulit berminyak yang lebih rentan terkena masalah ini.

Komedo terbentuk ketika pori-pori wajah tersumbat dengan sel kulit mati dan minyak berlebih (sebum) dari kelenjar sebaceous. Komedo ada dua macam, yakni putih dan hitam. Saat kulit dipenuhi komedo, menyebabkan wajah menjadi lebih gelap. Hal ini lantaran komedo dapat menciptakan oksidasi berwarna gelap pada wajah.

Komedo biasanya banyak tumbuh di bagian wajah garis 'T'. Adapun yang dimaksud adalah garis sejajar kening, hidung, hingga dagu. Meskipun tidak menutup kemungkinan kalau area pipi juga bisa terkena komedo. Saat kamu berkaca dan terlihat ada komedo di wajah, kamu mungkin tergoda untuk menghilangkan komedo dengan cara sederhana.

Dipencet atau mendorong dengan keras, bagian hidung yang tersumbat misalnya. Ketika komedo sudah keluar, kamu bersihkan langsung dengan tangan. Meskipun simpel, namun cara ini sangat tidak dianjurkan. Sebab bisa menyebabkan jaringan parut pada wajah, peradangan dan kerusakan lain pada kulit. Alih-alih merusak kulit secara perlahan, pilihlah cara menghilangkan komedo dengan alami. Salah satunya adalah dengan garam.

Bahan dapur ini bisa menghilangkan komedo secara ampuh dan dapat mencegah agar komedo bisa datang lagi. Campurkan garam dengan bahan alami lainnya, niscaya wajahmu akan kembali bersih dan bersinar lagi seperti sediakala.

Nah, berikut cara praktis menghilangkan komedo menggunakan garam, seperti dirangkum brilio.net dari berbagai sumber pada Selasa (8/10).


1. Garam dan gula.

foto: freepik.com



Perpaduan dua bahan utama dapur ini ampuh menghilangkan komedo. Caranya cukup mudah. Campurkan masing-masing satu sendok makan garam, gula dan air sedikit. Oleskan dan gosok pada wajah yang berkomedo.

Gerakkan secara melingkar, pelan-pelan dan lembut selama 10 hingga 15 menit. Setelah selesai, keringkan wajah dengan kain bersih. Untuk hasil yang maksimal, lakukan cara ini seminggu dua kali secara teratur.


2. Garam dan pasta gigi.

foto: unsplash.com



Kamu dapat memanfaatkan pasta gigi dan garam untuk menghilangkan komedo nakal. Caranya campurkan garam dan pasta gigi secukupnya. Lalu oleskan pada hidung atau bagian wajah lain. Jadikan bahan ini sebagai scrub.

Gosok dan pijat secara merata. Diamkan sejenak. Setelah selesai, bilas dengan air bersih. Keringkan dengan handuk lembut. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, lakukan tiga kali seminggu. Perpaduan antara garam dan pasta ini juga bisa mengatasi kulit kering dan gatal.


3. Garam dan madu.

foto: freepik.com



Manfaat madu untuk kecantikan memang sudah tak diragukan lagi. Perpaduan madu dan garam juga bisa ampuh mengatasi komedo. Campurkan masing-masing satu sendok makan madu dan garam.

Gosokkan pada wajah secara melingkar dan perlahan. Diamkan selama 10 menit. Kalau sudah, bersihkan wajah dengan air hangat. Lakukan seminggu sekali untuk mendapat hasil maksimal.


4. Garam dan air hangat.

foto: unsplash.com



Dilansir dari impoint.info, komedo bisa dihilangkan memakai campuran garam dan air hangat. Caranya siapkan satu sendok makan garam dan dua sendok makan air panas. Campur keduanya ke sebuah wadah, hingga garam larut. Tunggu sampai air terasa hangat.

Setelah itu oleskan ke hidung atau bagian wajah lain yang terkena komedo. Pijat halus pada wajah. Setelah selesai, bilas dengan air hangat. Lakukan dua kali seminggu untuk dapat hasil maksimal.


5. Garam dan perasan lemon.

foto: pixabay.com



Scrub garam dan perasan lemon bisa mengelupaskan kulit hitam dan menghilangkan komedo di wajah. Dua bahan ini mengandung antibakteri yang baik untuk merawat kecantikan.

Caranya campurkan satu sendok makan garam dengan satu sendok teh perasan lemon, ditambah dengan satu sendok teh air. Aduk rata. Lalu oleskan pada wajah yang terkena komedo, sambil dipijat secara perlahan. Setelah selesai, bilas dengan air hangat dan keringkan dengan handuk kering.


6. Garam dan yoghurt.

foto: freepik.com



Perpaduan garam dan yoghurt dapat meredam peradangan pada wajah akibat komedo. Garam dan yoghurt mengandung nutrisi baik yang membuat wajah menjadi cerah alami.

Cara menggunakan dua bahan ini untuk menghilangkan komedo cukup mudah. Kamu hanya perlu memijat area wajah berkomedo dengan air garam, lakukan secara lembut selama 15 menit. Lalu oles tebal yoghurt dingin di bagian itu secara rata. Diamkan beberapa saat, lalu basuh dengan air bersih.


7. Garam dan air mawar.

foto: unsplash.com



Dilansir dari boldsky, campuran garam dan air mawar mampu mengatasi komedo membandel secara efektif. Hanya dengan satu sendok makan garam, dicampur dengan satu sendok air garam.

Aduk rata, oleskan pada wajah area komedo dengan dipijat lembut. Komedo di hidung, dahi, dagu, atau pipi bisa terangkat dengan baik dan alami.

Selamat mencoba!





 



Pilih Reaksi Kamu
  • Senang

    0%

  • Ngakak!

    0%

  • Wow!

    0%

  • Sedih

    0%

  • Marah

    0%

  • Love

    0%

RECOMMENDED VIDEO

Subscribe ke akun YouTube Brilio untuk tetap ter-update dengan konten kegemaran Milenial lainnya

MORE